Thursday 22 December 2016

Artikel PJK (Penyakit Jantung Koroner) (Pengertian, Penyebab, Gejala, Diagnosis, Faktor Risiko, Pengobatan PJK)

PJK (Penyakit Jantung Koroner)
A. Pengertian
Penyakit jantung koroner adalah gangguan yang terjadi pada jantung akibat suplai darah ke Jantung yang melalui arteri koroner terhambat. Kondisi ini terjadi karena arteri koroner (pembuluh darah di jantung yang berfungsi menyuplai makanan dan oksigen bagi sel-sel jantung) tersumbat atau mengalami penyempitan karena endapan lemak yang menumpuk di dinding arteri (disebut juga dengan plak). Proses penumpukan lemak di pembuluh arteri ini disebut aterosklerosis dan bisa terjadi di pembuluh arteri lainnya, tidak hanya pada arteri koroner. Arteri koroner adalah pembuluh darah di jantung yang berfungsi menyuplai makanan bagi sel-sel jantung.
Berkurangnya pasokan darah karena penyempitan arteri koroner menimbulkan rasa nyeri di dada (gejala ini dikenal dengan istilah angina). Umumnya hal ini terjadi setelah penderita melakukan aktivitas fisik yang berat atau saat mengalami stress. Bila arteri koroner tersumbat dan darah sama sekali tidak bisa mengalir ke jantung, penderita bisa mengalami serangan jantung, dan ini dapat terjadi kapan saja, bahkan ketika penderitanya dalam keadaan tidur. Penyakit jantung koroner menyebabkan kemampuan jantung memompa darah ke seluruh tubuh melemah. Dan jika darah tidak mengalir secara sempurna ke seluruh tubuh, maka penderitanya akan merasa sangat lelah, sulit bernafas (paru-paru dipenuhi cairan), dan timbul bengkak-bengkak di kaki dan persendian.

B. Penyebab Penyakit Jantung Koroner
Penyebab jantung koroner adalah karena penumpukan zat lemak secara berlebihan di lapisan dinding nadi pembuluh koroner, yang dipengaruhi oleh pola makan yang kurang sehat. Kecanduan rokok, hipertensi, kolesterol tinggi juga dapat menjadi penyebab penyakit jantung koroner.
Makanan mempengaruhi kadar kolesterol total dan karena itu makanan juga mempengaruhi resiko terjadinya penyakit arteri koroner. Merubah pola makan (dan bila perlu mengkonsumsi obat dari dokter) bisa menurunkan kadar kolesterol. Menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL bisa memperlambat atau mencegah berkembangnya penyakit arteri koroner. Menurunkan kadar LDL sangat besar keuntungannya bagi seseorang yang memiliki faktor resiko berikut:
a)       Merokok sigaret
b)       Tekanan darah tinggi
c)       Kegemukan
d)       Malas berolah raga
e)       Kadar trigliserida tinggi
f)        Keturunan
g)       Steroid pria (androgen).
Penyakit arteri koroner bisa menyerang semua ras, tetapi angka kejadian paling tinggi ditemukan pada orang kulit putih. Tetapi ras sendiri tampaknya bukan merupakan faktor penting dalam gaya hidup seseorang.

C. Gejala Penyakit Jantung Koroner
Pada pria, gejala jantung pun dapat dilihat dari gangguan fungsi seksual serius dan kebotakan rambut. Kolesterol dan lemak berlebih dalam tubuh dikaitkan sebagai faktor pemicu gangguan jantung. Untuk itu, anda perlu mengetahui dan mewaspadai gejala serangan jantung yang muncul tiba-tiba:
a)         Tiba-tiba sakit di bagian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada.
b)         Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih).
c)         Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin.
d)        Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung.

D. Diagnosis Penyakit Jantung Koroner
Dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan pasien penyakit jantung koroner, kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan tes darah rutin. Beberapa pemeriksaan dapat dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit jantung koroner, antara lain:
Elektrokardiografi (EKG), dengan pemeriksaan EKG dapat diketahui kemungkinan adanya kelainan pada jantung dengan tingkat ketepatan 40%.  Echocardiografi, dengan menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar jantung. Selama proses ini, dokter dapat menentukan apakah semua bagian dari dinding jantung berkontribusi biasa dalam aktivitas memompa jantung. Bagian yang bergerak lemah mungkin telah rusak selama serangan jantung atau menerima terlalu sedikit oksigen. Ini mungkin menandakan arteri koroner atau berbagai kondisi lain. Kateterisasi Koroner, untuk melihat aliran darah melalui jantung, dokter mungkin mnyuntikkan cairan khusus ke dalam pembuluh darah (intravena). Hal ini dikenal sebagai angiogram. Cairan disuntikkan ke dalam arteri jantung melalui pipa panjang, tipis, fleksibel (kateter) yang dilewati melalui arteri, biasanya di kaki, ke arteri jantung. Pewarna menandai bintik-bintik penyempitan dan penyumbatan pada gambar sinar-X.
Jika pasien yang diperiksa memiliki penyumbatan yang membutuhkan perawatan, balon dapat didorong melalui kateter dan ditiup untuk meningkatkan aliran darah dalam jantung. 

E. Faktor – faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner
1. Memasuki usia 45 tahun bagi pria.
Sangat penting bagi kaum pria untuk menyadari kerentanan mereka dan mengambil tindakan positif untuk mencegah datangnya penyakit jantung.
2. Bagi wanita, memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi).
3. Wanita mulai menyusul pria dalam hal risiko penyakit jantung setelah mengalami menopause.
4. Riwayat penyakit jantung dalam keluarga.
Riwayat serangan jantung di dalam keluarga sering merupakan akibat dari profil kolesterol yang tidak normal.
5. Diabetes.
Kebanyakan penderita diabetes meninggal bukanlah karena meningkatnya level gula darah, namun karena kondisi komplikasi jantung mereka.
6. Merokok.
Resiko penyakit jantung dari merokok setara dengan 100 pon kelebihan berat badan - jadi tidak mungkin menyamakan keduanya.
7. Tekanan darah tinggi (hipertensi).
8. Kegemukan (obesitas).
Obesitas tengah (perut buncit) adalah bentuk dari kegemukan. Walaupun semua orang gemuk cenderung memiliki risiko penyakit jantung, orang dengan obesitas tengah lebih-lebih lagi.
9. Gaya hidup buruk.
Gaya hidup yang buruk merupakan salah satu akar penyebab penyakit jantung - dan menggantinya dengan kegiatan fisik merupakan salah satu langkah paling radikal yang dapat diambil.
10. Stress.
Banyak penelitian yang sudah menunjukkan bahwa, bila menghadapi situasi yang tegang, dapat terjadi arithmias jantung yang membahayakan jiwa. 

F. Cara Pengobatan Penyakit Jantung Koroner
Cara Pengobatan Penyakit Jantung Koroner
Pengobatan penyakit jantung koroner tergantung jangkauan penyakit dan gejala yang dialami pasien.
1.   Perubahan Gaya Hidup
Pola makan sehat dan seimbang, dengan lebih banyak sayuran atau buah-buahan, penting untuk melindungi arteri jantung kita. Makanan yang kaya lemak, khususnya lemak jenuh, dapat mengakibatkan kadar kolesterol tinggi, yang merupakan komponen utama kumpulan yang berkontribusi terhadap penyempitan arteri jantung.
Olah raga teratur berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Olah raga membantu kita untuk menjadi fit dan membangun system sirkulasi yang kuat. Ini juga membantu kita menurunkan berat badan. Obesitas biasanya tidak sehat, karena mengakibatkan insiden hipertensi, diabetes mellitus, dan tingkat lemak tinggi menjadi lebih tinggi, semua yang dapat merusak arteri jantung.
2. Pengendalian faktor resiko utama penyakit jantung koroner
Diabetes melitus, merokok, tingkat kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi adalah empat faktor utama yang mengakibatkan resiko penyakit jantung koroner lebih tinggi.
Pengendalian keempat factor resiko utama ini dengan baik melalui perubaha gaya hidup dan/atau obat-obatan dapat membantu menstabilkan progresi atherosklerosis,dan menurunkan resiko komplikasi seperti serangan jantung.
3. Terapi Medis
Berbagai obat-obatan membantu pasien dengan penyakit arteri jantung. Yang paling umum diantaranya:
  1. Aspirin / Klopidogrel / Tiklopidin
Obat-obatan ini mengencerkan darah dan mengurangi kemungkinan gumpalan darah terbentuk pada ujung arteri jantung menyempit, maka dari itu mengurangi resiko serangan jantung.
  1. Beta-bloker (e.g. Atenolol, Bisoprolol, Karvedilol)
    Obatan-obatan ini membantu untuk mengurangi detak jantung dan tekanan darah, sehingga menurunkan gejala angina juga melindungi jantung.
  2.  Nitrates (e.g. Isosorbide Dinitrate)
Obatan-obatan ini bekerja membuka arteri jantung, dan kemudian meningkatkan aliran darah ke otot jantung dan mengurangi gejala nyeri dada.
  1. Bentuk nitrat bereaksi cepat, Gliseril Trinitrat, umumnya diberikan berupa tablet atau semprot di bawah lidah, biasa digunakan untuk penghilang nyeri dada secara cepat.
  2. Angiotensin-Converting Enzyme Inhibitors (e.g. Enalapril, Perindopril) and Angiotensin
Receptor Blockers (e.g. Losartan, Valsartan)
Obatan-obatan ini memungkinkan aliran darah ke jantung lebih mudah, dan juga membantu menurunkan tekanan darah. Obatan-obatan penurun lemak (seperti Fenofibrat, Simvastatin, Atorvastatin, Rosuvastatin). Obatan-obatan ini menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ (Lipoprotein Densitas-Rendah), yang merupakan salah satu penyebab umum untuk penyakit jantung koroner dini atau lanjut. Obat-obatan tersebut merupakan andalan terapi penyakit jantung koroner.
4. Intervensi Jantung Perkutan
Ini adalah metode invasif minimal untuk ‘membuka’ arteri jantung yang menyempit. Melalui selubung plastik ditempatkan dalam arteri baik selangkang atau pergelangan, balon diantar ke segmen arteri jantung yang menyempit, dimana itu kemudian dikembangkan untuk membuka penyempitan. Kemudian, tube jala kabel kecil (cincin) disebarkan untuk membantu menahan arteri terbuka. Cincin baik polos (logam sederhana) atau memiliki selubung obat (berlapis obat).
Metode ini seringkali menyelamatkan jiwa pasien dengan serangan jantung akut. Untuk penyakit jantung koroner stabil penyebab nyeri dada, ini dapat meringankan gejala angina dengan sangat efektif. Umumnya, pasien dengan penyakit pembuluh darah single atau double mendapat keuntungan dari metode ini. Dengan penyakit pembuluh darah triple, atau keadaan fungsi jantung buruk, prosedur bedah dikenal dengan Bedah Bypass Arteri Jantung sering merupakan alternatif yang baik atau pilihan pengobatan yang lebih baik.
5. Operasi Bedah Bypass Arteri Jantung (CABG)
CABG melibatkan penanaman arteri atau vena lain dari dinding dada, lengan, atau kaki untuk membangun rute baru untuk aliran darah langsung ke otot jantung. Ini menyerupai membangun jalan tol parallel ke jalan yang kecil dan sempit. Ini adalah operasi yang aman, dengan rata-rata resiko kematian sekitar 2%. Pasien tanpa serangan jantung sebelumnya dan melakukan CABG sebagai prosedur elektif, resiko dapat serendah 1 persen. Operasi biasanya dilakukan melalui sayatan di tengah dada, ahli bedah memilih untuk melakukan prosedur dengan jantung masih berdetak, menggunakan alat khusus yang dapat menstabilkan porsi jantung yang dijahit. Operasi Robotik Sebagai tambahan, juga mulai melakukan CABG melalui program operasi robotic. Penggunaan instrument ini sekarang membolehkan operasi untuk dilakukan menggunakan sayatan kecil keyhole di dinding dada.
Metode ini menghasilkan pemulihan lebih cepat, mengurangi nyeri, dan resiko infeksi luka lebih rendah. Namun, ini sesuai untuk bypass hanya satu atau dua pembuluh darah.
Revaskularisasi Transmiokardia
Untuk pasien dengan pembuluh darah yang terlalu kecil untuk melakukan CABG, prosedur disebut Revaskularisasi Transmiokardia juga tersedia di NHCS.
Pada prodesur ini, laser digunakan untuk membakar banyak lubang kecil pada otot jantung. Beberapa lubang ini berkembang ke pembuluh darah baru, dan ini membantu mengurangi angina.

G. Pencegahan Penyakit Jantung Koroner
Pencegahan Penyakit Jantung Koroner yaitu:
  1. Jalani pola hidup sehat
  2. Hindari dan berhenti merokok
  3. Hindari makanan berkolestrol tinggi agar terhindar dari penyakit jantung koroner
  4. Luangkan waktu untuk berolahraga setiap hari atau menciptakan gerakan-gerakan kecil
  5. Istirahat teratur dan cukup
Dengan menghindari makanan berkolestrol dan berlemak adalah cara bijak untuk mencegah penyakit jantung koroner. Sebab lemak dan kolestrol inilah yang nantinya akan menutupi dinding pembuluh darah arteri yang memasok makanan ke jantung. Ketika anda telah di diagnosis mengidap penyakit jantung, sebaiknya untuk segera mencari pengobatan penyakit janntung koroner yang tepat. Dengan menggunakan bahan herbal seperti jus buah manggis atau produk obat jantung herbal yang banyak di temukan di toko obat. Dengan menggunakan obat berbahan herbal, tentunya akan sangat aman dan tanpa efek samping. Selain itu anda juga bisa segera memeriksakannya ke dokter secara medis.

DAFTAR PUSTAKA  
Elisabeth, Corwin J. 2009. Buku Saku Patofisiologi, Edisi Revisi 3. Jakarta. Buku Kedokteran EGC.

Christopher, Davidson. 2003. Penyakit Jantung Koroner. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat. 

5 comments:

  1. Saya penderita jantung sudah br tahun tahun penyakit ini saya rasa kan dan akhir nya saya di saran kan untuk bay pas, saya pun menolak karna biaya ny sangat mahal dan menurut informsih bisa br dampak gak baik setelah paska oprasi, akhir nya saya mencari alternatif lain tanpa harus oprasi, dan saya menemukan no hp bpk yusuf yg kata nya bisa membantu untuk kesembuhan penyakit saya dan saya pun akhir nya saya melakukan segala sesuatu yg di saran kan pak yusuf, setelah 1 bulan saya minum obat dari beliau jantung saya sudah lebih enak kan rasa nya dan setelah 3 bulan saya cek di rumah sakit jauh lebih baik , dan sekarang penyakit sudah hilang setelah di nyatakan jantung saya sehat oleh dokter rumah sakit. Sungguh hal yg sangat luar biasa bagi saya bisa sembuh dari penyakit ini, dan ini benar benar saya rasa kan. Buat saudara yg belum sembuh segera lah brobat dengan beliau dan jaga makan dan pola pokir insyah allah bisa sembuh sprti saya . Hub bpk yusuf segera di no hp ny langsung : 0853-6167-5232. Semoga dengan pengalaman saya ini saudara bisa sembuh jug sperti saya.

    ReplyDelete
  2. Thx utk infonya, bermanfaat sekali..mampir jg yuk di http://elementmtb.com/alasan-orang-berbadan-gemuk-lebih-memilih-bersepeda-daripada-olahraga-lainnya/

    ReplyDelete
  3. PelangiQQasia
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangiqqasia,com
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games bos!
    BandarQ | BandarQ Online | BANDAR POKER | Agen BandarQ | Domino99 | Agen Domino | AduQ Online Terbaik
    Keunggulan PELANGIQQ :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO&WD 25RB)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGIQQ
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGIQQ
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24jam bos!!
    CONTACT US :
    BBM : D1E0517C
    Skype : PelangiQQ
    FB : Pelangi QQ Asia

    ReplyDelete
  4. BULAN KEMENANGAN TELAH HADIR !!
    LOGIN DAN MAIN KAN SEKARANG JUGA !!
    JANGAN SAMPAI KETINGALAN KEMENANGAN BESAR!
    BUKTIKAN DISINI ANDA PEMAIN KARTU TERHEBAT !!??
    RAIH RUPIAH POKER PELANGI RATUSAN JUTA SAMPAI MILIYADER
    SITUS GAME KARTU ONLINE TERPERCAYA
    Hanya di Poker Pelangi
    Raih rupiah sebanyak2nya hanya di pelangiyes. com

    SITUS GAME KARTU ONLINE TERPERCAYA
    Hanya di Poker Pelangi
    Raih rupiah sebanyak2nya hanya di pelangiyes. com
    KELEBIHAN Pelangiyes .com Yang Di GEMARI MEMBER
    - Dengan Minimal Depo & Wd 20rb
    - Proses Super Cepat
    - 8 Super Games Dalam 1 User ID
    - Permainan Play FAIR 100% Non ROBOT\M/
    - CS ONLINE 24 JAM
    (Siap Membantu Anda Baik Dalam KENDALA,PROSES Sampai Memberikan Solusi Untuk KEMENANGAN.
    - Kemenangan TERBESAR Beserta JACKPOT RATUSAN JUTA
    -Bonus Bonus SPECIAL
    BONUS ROLLINGAN YANG AKAN DIBAGIKAN 5 HARI SEKALI DAN Di DAPAT JIKA AKTIF BERMAIN
    BONUS REFFERAL YANG DIBAGIKAN SETIAP 10 HARI SEKALI DENGAN SYARAT YANG CUKUP MUDAH !
    -Bisa Bermain di Via
    ANDROID/IPAD/IPHONE
    -Tersedia 7 Bank lokal
    BCA/MANDIRI/DANAMON/MANDIRI/BRI/PANIN/PERMATA/BANK DAERAH!

    INGAT MEMBER SEKALIN
    Login Site Terbaru Kami Hanya Di :

    pelangimerah. com
    pelangiyes. com
    bospelangi. com
    tanpa www ataupun spasi bosku

    ReplyDelete
  5. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    ReplyDelete